Posted by: abdurrosyid | February 21, 2012

Bidang-bidang Mechanical Engineering (2)

Sebelum ini, saya sudah menulis secara singkat mengenai bidang-bidang (field) dalam mechanical engineering. Dalam tulisan ini, saya akan sekali lagi berbicara mengenai masalah ini. Secara umum, mechanical engineering memang jamak dibagi dalam 4 bidang besar, sebagaimana yang saya tulis sebelumnya, yaitu: desain / solid mechanics, manufaktur, konversi energi / thermofluids, dan metalurgi /material.

Masing-masing dari keempat bidang tersebut juga masih dibagi lagi dalam berbagai macam sub bidang. Desain misalnya biasanya dibagi lagi menjadi desain statis dan desain dinamis. Desain statis berbicara tentang struktur mekanis yang bersifat statis, yang ujung-ujungnya adalah mendesain struktur mekanis tersebut agar tidak mengalami failure (kegagalan) dalam menerima load (beban) yang ada. Beberapa ilmu yang dengan demikian sangat dibutuhkan dalam sub bidang ini diantaranya: statika, mechanics of materials / strength of materials, dan material science.

Adapun desain dinamis berbicara tentang dinamika pada struktur mekanis akibat motion (translation dan atau rotation) dan atau getaran (vibration). Dengan demikian sub bidang ini sangat membutuhkan pemahaman yang baik dalam ilmu dinamika (kinematika dan kinetika) dan vibrasi. Diantara topik khusus dalam sub bidang ini adalah dinamika kendaraan (vehicle dynamics) dan dinamika mesin berputar (dynamics of rotating machinery). Dalam perkembangannya, cakupan sub bidang desain dinamis berkembang pesat, sehingga mencakup beberapa disiplin seperti mekatronika, robotika, dan kontrol. Beberapa disiplin yang terakhir disebut ini membutuhkan pula pemahaman terhadap ilmu-ilmu elektronika seperti mikrokontroler dan control engineering.

Bidang studi manufaktur berbicara tentang bagaimana memproduksi sesuatu, sehingga bidang ini mencakup hal-hal seperti proses pembentukan, proses perautan, surface quality, CAM (Computer Aided Manufacturing), CNC, dan manajemen proses produksi.

Bidang studi konversi energi / thermofluids berbicara tentang mekanika fluida, termodinamika, perpindahan panas (heat transfer), pengkondisian udara, combustion engines (motor bakar), dan sumber-sumber energi baru (renewable energy).

Adapun bidang studi metalurgi / material berbicara tentang sifat-sifat material, baik itu logam, polimer, ataupun komposit. Salah satu topik yang juga banyak dikaji di bidang ini adalah korosi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: