Blog Owner

Saya Abdur Rosyid. Saya menempuh studi S1 saya di Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Indonesia, kemudian melanjutkan S2 di Departemen Teknik Mesin King Saud University, Saudi Arabia. Dan kini, saya sedang menempuh program S3 di Departemen Teknik Mesin Khalifa University of Science, Technology, and Research (KUSTAR) di Uni Emirat Arab.

Di ITS, saya mengambil Desain sebagai konsentrasi saya, dengan tugas akhir berjudul ‘Pembuatan Perangkat Lunak Sintesis Kinematis Four Bar Linkage Jenis Function Generation’. Alasan saya memilih Desain sebagai konsentrasi adalah karena saya menyukai hal-hal yang berbau perancangan, analisis, sintesis, intuisi, dan seni. Saya merasa mendapati semua itu pada Desain.

Sebelum belajar di ITS, saya sebetulnya sudah belajar tentang permesinan selama tiga setengah tahun di STM Perkapalan Sidoarjo – Pusdiklat PT PAL Surabaya. Ketika itu saya mengambil Jurusan Permesinan, dengan tugas akhir berjudul ‘Analisa Geometri Pahat Bubut Rata Luar’. Sebagaimana tergambar dalam judul tugas akhir tersebut, fokus belajar saya ketika itu adalah permesinan (machining).

Beruntung sekali saya bisa merasakan pendidikan kejuruan permesinan di STM Perkapalan Sidoarjo in cooperation with Pusdiklat PT PAL Surabaya. Menurut penilaian saya, sekolah ini merupakan salah satu sekolah menengah terbaik di bidangnya ketika itu. Kelengkapan perangkat-perangkat belajarnya, kedisiplinan, sistem pendidikannya, dan iklim belajarnya yang kondusif merupakan beberapa diantara kelebihannya. Belajar di Pusdiklat PT PAL ketika itu adalah sebuah kemujuran yang besar, karena disana kita belajar dalam lingkungan industri yang canggih. Salah satu hal lebih yang saya dapatkan disana adalah wawasan dan keterampilan.

Adapun belajar mechanical engineering di ITS bagi saya adalah belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia. Betapa tidak, Departemen Teknik Mesin ITS ketika itu adalah (menurut penilaian Badan Akreditasi Nasional – Dikti) departemen teknik mesin terbaik se-Indonesia. Lagi-lagi, saya hanya bisa berucap syukur alhamdulillah karena bisa belajar di tempat-tempat terbaik di Indonesia.

Untuk lebih mendalami dunia mechanical engineering, saya melanjutkan studi master dengan tesis mengenai pengendalian cerdas getaran pada model elemen hingga tereduksi sistem rotor – bantalan luncur. Dan kini, saya sedang menempuh studi doktoral saya dengan konsentrasi di bidang robotika, dinamika, dan pengendalian. Semoga Allah memberikan kemudahan dan taufiq kepada saya dalam menyelesaikan studi saya. Amin ya Rabbal ‘Alamin.

%d bloggers like this: